Kiat Memilih Busur Panah yg Baik


Sudah tidak diragukan lagi, perbincangan tentang trik memilih gandi panah yang tepat, adalah salah satu perbincangan yang paling sering ditanyain sama orang-orang yang mutakhir mulai tampil panahan.

Termasuk kami segala dahulu. Agar lebih serius dan gak keliru.

Terselip beberapa tips dan sesuatu penting nih yang harus diperhatikan pada waktu Anda ingin membeli satu buah peralatan panahan.

Secara, panahan itu kendi sebuah sports yang mencita-citakan konsistensi serta ketekunan level tinggi.

Kalau Anda berfikir olahraga yang satu berikut bisa dikuasai hanya dengan beberapa periode berhasil akurat mengenai bidikan, berarti Anda memiliki pemahaman yang melenceng.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

Yaa mungkin sekadar ketika Engkau melihat seseorang bermain panahan, memang turun sangat ringan, tapi belum tentu pada prakteknya.

Selain harus mampu mengatur faktor dari pendatang seperti petunjuk kecepatan bayu dan titik sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan di settingan instrumen, maupun tekniknya, supaya Dikau bisa terlalu menembakan pada setiap anak panahnya dengan hasil yang terbaik.

Gimana bisa hal berikut tercapai kalo kita semata-mata menagndalkan busur pinjeman memiliki teman?

Akur walaupun tidak papa pula, tetapi jika Anda bertabah untuk mengulas bidang sports yang mono ini, oleh karena itu hukumnya tentu bagi Anda untuk memilikinya sendiri.

Tetapi kalau dilihat melalui sebelah yang lain, bahan yang dipakai dalam sports memanah pula bsia dibilang bukan jasad yang sedikit.

Jadi di setiap Anda ingin membeli salah satunya, Anda kudu teliti pada milih, mana yang luar biasa dibutuhkan, & mana yang sifatnya cuma sekedar untuk aksesoris.

Bahwa semisal telah beli tetapi ternyata bukan cocok, kendi kalau dijual lagi pun kemungkinan besar nggak akan balik modal.

Nah, untuk awal-awal memang cara terbaik untuk mengetahuinya adalah menggunakannya terlebih dahulu, sekedar coba-coba lah, bisa secara meminjam mempunyai teman, atau punya konsorsium panahan.

Lazimnya sih senang ke union yah minjemnya. Karena bahwa di klub-klub memanah, lazimnya ada lebih banyak pilihan standar, maupun bobot tarikan daripada busur panahanya.

Jadi Engkau bisa lepas memilih mana yang lebih tepat untuk Anda seorang diri, dan biasanya yang segak itulah yang nantinya Kamu bisa belanja.

Setelah Kamu memang sudah biasa memiliki panduan yang manatap untuk menyusur bidang olahraga ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal langsung mengimbanginya dengan berlatih.

Nah, kalau merasakan sudah menemukan busur ataupun panahan yang cocok, baru deh Kamu bisa mempertimbangkan beberpa sesuatu berikut, serupa acuan begitu Anda ingin membeli sebuah set panahan.



#1 – Menentukan Penggunaan Panahan
Menurut kami, hal inilah yang menjadi tempat pertama yang harus diputuskan, apakah Dikau Pengguna Right Gripper, ataupun Left Gripper.

Sebagian luas para pemanah yang terdapat di globe adalah pemanah yang menggunakann tangan daksina (tangan kiri yang megang busur, & tangan kanan yang memukau string).

Akan tetapi bukan berguna Anda harus ikut-iktanan mana yang lebih banyak kok. Walhasil kembali saat Anda seorang diri, tangan mana yang lebih nyaman dipakai untuk memanah.

Selain tangan yang berperan penting di memanah, pujaan juga jadi anggota badan lain yang sangat berperan karena dikenakan untuk menentang sasaran.

Setara halnya secara tangan, pemanfaatan mata di dalam memanah juga bisa menggunakan mata yang kiri (kidal).

Istilahnya ialah eye dominance, nah itu juga cantik lagi di Anda, lebih nyaman memakai yang mana?



#2 – Jenis gandi
Kalau sisi yang wahid ini, kental sepenuhnya tentang masalah keinginan, dan sisanya masalah gaji.??

Apabila dilihat dari harganya, dalam dunia panahan terselip banyak sekali kesukaan jenis lung yang mampu digunakan, contohnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, serta yang lain sebagainya.

jual busur panah Semua jenis-jenisnya, memiliki berlebih minus-nya masing-masing.

Untuk perkara harga, gendewa olympic recurve bow dan compound bow adalah rupa yang termahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, dana yang dibutuhkan bisa cukup 10 juta ke atas.

Belum lagi lamun Anda mengimpikan peralatan- peranti memanah yang terbaik semua, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Engkau yang punya low budget. Tenang, Anda tidak seorangan kok, disana masih tidak sedikit kok orang2 yang mempunyai budget yang serupa, apalagi untuk orang-orang yang biasanya trendi mau meranyak hobi panahan.

Diantaranya, siap beberapa species busur yang prospektif kualitasnya, namun demikian untuk segi harga, juga masih dapat menjadi suara miring.

Hanya sekedar gambaran mutu saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya jenis yang mono ini ialah jenis recurve bow, namun dalam versi general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa sampai kisaran 3 juta, ini pun asesorisnya sudah patut lengkap.

Lamun hanya sekadar busurnya sekadar, kenanya pada kisaran mutu 1, 6 juta.

Kurang lebih contoh panahan denga bungkusan yang pas lengkap, antaralain:

Handle – Pegangan utama
Limbs – Bagian per pada panahan
String – Tali pada panahan
Tas panah
The arrow – Anak panah
Finger tab – Penunggu jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Teritori anak penunjuk pada bagian menempel busur
Bow stringer – Alat terusan yang diterapkan untuk mempesona anak panah


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. “hmm panah kuda”, mungkin busur yang dipergunakan sama pion.

Yup, nggak salah-salah luar biasa sih. Umumnya horse bow itu ialah sebuah penunjuk yang sesuai apabila dikenakan sambal naik (kuda dsb) kuda.

Emang ada terang yang nggak cocok, kalau sambal menjalankan kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu tersebut memiliki ciri-ciri ukuran yang relatif pendek, walaupun terselip juga yang berukuran berjarak.

Material yang seringkali diterapkan sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun kayu.

Busurnya sendiri terdiri atas 3 sesi utama, yaitu handler busur, dustar (bagian lengan yang dapat pukah ketika busur ditarik), serta siyah (bagian kaku yang terdapat di ujung-ujung gandi, tempat untuk mengaitkan utas busur).

Selain itu, spesies panah yang satu itu juga seringkali disebut beserta busur reflex.

Kenapa? Sebab busur berikut, umumnya memiliki bentuk letter C ketika belum dipasangkan dengan tali.

Serta, harus diregangkan terlebih dahulu tatkala ingin dipasangkan tali.

Keuletan dari busar horse bow, bisa disebut juga tidak kalah degan busur yang lainnya, sebab memiliki hati potential per yang gede pula.

Nah, karena bilangan kekuatan & efektifits di panah horsebow, membuat busur yang satu ini sempurna banyak dicari oleh suku, sehingga persediaannya seringkali kesimpulan.

Untuk memenuhi permintaan pasar yang terselip, akhirnya para produsen panahan membuat satu buah busur yang mirip diantaranya horse bow, namun bahan yang digunakan berbahan fiber.

Diantaranya, pun ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, saat ini tidak sedikit juga tanda horse bow yang terbuat oleh pembuat lokal. Oleh sebab itu otomatis, pangkat panah yang ditawarkan juga termasuk sangat murah.

Kurang lebih diantaranya terselip yang hingga menjualnya beserta harga 700 ribu rupiah.

Bahan yang digunakan ialah fiber & kayu.

Yang mana pada waktu diperhatilkan, mutu tesebut sudah cukup murah. Apalagi pada waktu sudah termasuk finger tab dan arm guard-nya.

Sedikit tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu paket ketika Anda membelinya, tetapi umumnya budak panah dijual secara terpisah.

Horsebow fiber

Ada soulusi lain nih kalau Kamu menginginkan horse bow yang lebih sedikit, yakni gandi dengan material PVC (paralon).

Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan pajak 450rb.

Tapi kami nggak bisa memproklamasikan loh ya, apa saja alat-alat yang ada pada dalamnya, seminimal- minimalnya gendewa sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Tradisional

Mirip sebagaimana horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu & bambu, perbedaannya ada pada desainnya.

Kalau horse bow di disain secara terbaik supaya nyaman dan ringan digunakan tatkala sambal berkuda, nah kalau yang tradisional, hanya pada desain setara seperti panahan pada umumnya.

Harga yang di harga sekitar 650 ribu rupiah, belum tergolong aksesoris lainnya, seperti anak panah, finger tab, & arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur ini lah yang paling murah diantara semuanya.

Tapi untuk kualitasnya, kami juga tidak menyarakan kalau Engkau benar-benar ingin menekuni sudut pandangan olahraga yang satu itu, lebih indah Anda membeli standard bow yang sudah lengkap dengan segala peralatannya.

Material handle yang dimanfaatkan pada gendewa PVC berbahan dasar dari kayu, berbeda dengan untuk limbs-nya yang umumnya digunakan adalah PVC yang diisi dengan bambu.

Mutu yang dikasih oleh penjual umumnya berkisar antara 300-400 ribu rupiah.


#3 – Ukuran Busar
Nah, segmen lainnya yang perlu diperhatikan adalah, ukuran riser tanda, atau biasa dikenal juga dengan gandi.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, daripada berbagai jenisnya, beberapa antaralain ada ukuran busur tertentu yang bisa disesuaikan beserta postur pranata.

Yap bukan lain karena postur tubuh lah yang akan mempengaruhi seberapa panjang tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, lunas length ini lah yang bakal menjadi teladan Anda, untuk memilih mana ukuran busar yang pas untuk dipakai.



#4 – Berat Pungutan (Draw Weight)
Nah, kekhilafan yang paling banyak terjadi tatkala seseorang membeli panah merupakan, membeli tanda yang luar biasa berat, tujuannya biar gak perlu beli-beli lagi.

Agaknya awalnya Dikau berpikir akan terbiasa nantinya, tapi tidak pada sesungguhnya.

Hal berikut pula yang biasanya tercipta untuk Dikau yang tetap pemula, sejumlah diantara aku juga meninggalkan hal ini dulu, serta hasilnya bukan memuaskan seperti ekspektasinya.

Kenapa? karena pada tahap mula belajar panahan, hal yang paling superior adalah menyimak teknik.

Nah, kalau tubuh kita saja perlu bisnis yang susulan hanya sekedar untuk menarik string, kiranya teknik yang diperhatikan, malah nantinya mau kesusahan seorang diri ketika ingin menembak.

Belum lagi ketelitian tembakan yang dilepaskan juga bakal hancur-hancuran, dikarenakan tragedi untuk mengendalikan kekuatan tarikan.

Tenang, nggak usah rendah kalau semisal Anda merupakan seorang perwira yang martabat kalau kalau cuma menarik busur secara kapasitas 20 lbs.

Hal itu sungguh wajar mengapa, karena otot yang dimanfaatkan untuk memanah, adalah otot yang jauh digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Sekutil catatan nih ya, kursus memenag tersebut membuthkan korelasi dan keuletan yang pas, dan latihannya bisa cukup berjam-jam.

Kan percuma kalau punya busur draw weight dengan tarikan yang gede kalau semuanya bisa memikatnya 10 x doang, abis itu refleks tepar, yah, nggak bakal memberikan dampak yang besar untuk kedepannya.

Lebih indah menggunakan gendewa yang tipikal saja, akan tetapi hasil selesai dari pendidikan yang diterapkan, matang berdasar pada sempurna.

Busur dengan rampasan 20-30 lbs juga masih bagus mengapa, dan ruang yang siap dicapai bisa sampai 20 meter, sepertinya lebih.

Kendi kalau cuma untuk sayembara indoor, kecuali sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan lihat.

Mana yang menurut Kamu cukup rendah, dan sempurna sanggup untuk menariknya datang berjam-jam.

Tujuannya tidak unik supaya latihan yang dikerjakan lebih sempurna kok.

Nah, ketika nanti Anda sungguh mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit-sedikit draw weight–nya.

Dinaikan secara kapasitas dibawah 5 lbs masih cukup enak kok untuk penyesuaiannya.

Tidak mesti beli kok, salah saeorang dari kami sendiri pernah barter. Coba aja Mengekspos mendekorasi di sosial media, insyaalla ada saja setelah peminatnya.??

*Catatan, untuk ukuran bow, limbs yang tersedia mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya dari 2 lbs.

Biasanya orang2 yang mutakhir mulai memanah, menggunakan tarikan yang 24 lbs, ini pun juga mayoritas tetap gemeteran pas menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *